-->

StreamingYouTube - YouTube Streaming is video live streaming Indonesia online channel available to download keep update like and subscribe

Pengajian Jawa Ngapak Terbaru dengan Wayang dan Rebana

Advertisement

Pengajian Jawa Ngapak Terbaru dengan Wayang dan Rebana

Pengajian Jawa Ngapak Terbaru dengan Wayang dan Rebana - Berikut ini pengajian bukan anwar zahid terbaru tetapi pengajian ngapak cilacap dengan wayang yang di iringi rebana modern serta ceramah lucu bahasa jawa ngapak streaming YouTube dari Kebumen.

Pengajian Jawa Ngapak Terbaru dengan Wayang dan Rebana

Pengajian Wayang Jawa Ngapak Bawor Masuk Syurga
Kyai ngapak dibawakan oleh KH Ahmad Sobirin dari Cilacap live Kebumen. Menggunakan wayang santri sebagai bagian dari pementasan di awali sajian musik rebana kolaborasi modern yang penuh inovasi.

Pengajian Jawa Ngapak

Pengajian lucu bahasa ngapak (cilacapan) tentu lucu dengan bahasa ngapak (Banyumasan). Dialek Banyumasan atau sering disebut Bahasa Ngapak (oleh masyarakat di luar Banyumas) adalah kelompok bahasa bahasa Jawa yang dipergunakan di wilayah barat Jawa Tengah, Indonesia. Beberapa kosakata dan dialeknya juga dipergunakan di Banten utara serta daerah Cirebon-Indramayu. Logat bahasanya agak berbeda dibanding dialek bahasa Jawa lainnya. Hal ini disebabkan bahasa Banyumasan masih berhubungan erat dengan bahasa Jawa Kuno (Kawi).

Bahasa Banyumasan terkenal dengan cara bicaranya yang khas. Dialek ini disebut Banyumasan karena dipakai oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Banyumasan. Menurrut seorang ahli bahasa Belanda, E.M. Uhlenbeck, mengelompokan dialek-dialek yang dipergunakan di wilayah barat dari Jawa Tengah sebagai kelompok (rumpun) bahasa Jawa bagian barat (Banyumasan, Tegalan, Cirebonan dan Banten Utara). Kelompok lainnya adalah bahasa Jawa bagian Tengah (Surakarta, Yogyakarta, Semarang dll) dan kelompok bahasa Jawa bagian Timur.

Download ceramah bahasa ngapak
Pengajian Lucu dijamin ngakak ceramah lucu ngapak Banyumasan, bahasa Jawa bagian barat (harap dibedakan dengan Jawa Barat/Bahasa Sunda) inilah yang sering disebut bahasa Banyumasan, geografisnya, wilayah Banten utara dan Cirebon-Indramayu memang berada di luar wilayah berbudaya Banyumasan tetapi menurut budayawan Cirebon TD Sudjana, logat bahasanya memang terdengar sangat mirip dengan bahasa Banyumasan.

Download ceramah bahasa ngapak Pengajian Wayang Jawa Ngapak Bawor Masuk Syurga

Advertisement